Perhitungan Ulang Produktivitas dan Biava Pengoperasian Alat Berat pada Paket Penggantian Jembatan Batang Lasi CS Kota Sawahlunto

Putri, Windy Amelia (2022) Perhitungan Ulang Produktivitas dan Biava Pengoperasian Alat Berat pada Paket Penggantian Jembatan Batang Lasi CS Kota Sawahlunto. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_WINDY_AMELIA_PUTRI_19062057_6231_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penggunaan alat berat pada setiap proyek pembangunan, baik pembangunan jalan, pembangunan gedung dan pembangunan infrastruktur lainnya sangalah berperan penting. Alat berat yang digunakan dapat menyelesaikan pekerjaan yang berskala besar dalam waktu pelaksanaan yang lebih cepat dibandingkan dengan hanya menggunakan tenaga manusia. Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sumatera Barat melakukan penggantian jembatan yang menjadi penghubung ruas jalan di kota ini agar lalu lintas di kota Sawahlunto semakin lancar. Banyaknya pekerjaan berskala besar pada proyek penggantian jembatan memerlukan alat berat dalam pelaksanaan dan proses pekerjaan untuk menunjang efektivitas pekerjaan dengan masing-masing alat berat yang memiliki tipe dan kapasitas produksi yang berbeda. Tujuan proyek akhir ini adalah untuk menghitung ulang produktivitas dan biaya pengoperasian alat berat excavator dan dump truck dan membandingkan dengan data di lapangan. Dari perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh nilai produktivitas excavator sebesar 68,3 m3/jam dan dump truck sebesar 7,74 m3/jam pada perhitungan ulang, dapat disimpulkan bahwa perhitungan ulang produktivitas kedua alat tersebut lebih tinggi nilainya dibanding pada produktivitas alat di lapangan yaitu excavator sebesar 55,7 m3/jam dan dump truck sebesar 5,80 m3/jam. Adapun biaya pengoperasian alat pada perhitungan ulang, yaitu sebesar Rp.368.879,98m3/jam untuk alat berat excavator dan sebesar Rp. 260.726,43 m3/jam untuk alat berat dump truck. Perhitungan ulang biaya pengoperasian alat berat tidak jauh berbeda dengan biaya pengoperasian a lat berat di lapangan yaitu Rp.309.113,93 untuk excavator dan Rp.221.861,43 untuk dump truck.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorSandra, NevyUNSPECIFIED
CorrectorZuwida, NidalUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:15
Last Modified: 02 Aug 2023 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45439

Actions (login required)

View Item View Item