Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Kulit Buah Kakao (theobroma cacao) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Distillate

Agustin, Andre (2022) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Kulit Buah Kakao (theobroma cacao) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari Palm Fatty Acid Distillate. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ANDRE_AGUSTIN_18036102_6546_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Katalis merupakan suatu zat yang berperan penting dalam produksi biodiesel karena reaksi pembentukan biodiesel yang berjalan sangat lambat. Katalis ini dapat disintesis dengan memanfaatkan limbah organik seperti kulit buah kakao. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sifat fisikokimia dan aktivitas katalitik katalis karbon kulit buah kakao tersulfonasi untuk produksi biodiesel dari PFAD. Katalis ini disintesis melalui proses kalsinasi pada suhu 250oC, 300oC, 350oC, 400oC, 450oC selama 1 jam dan sulfonasi dengan H2SO4 p.a kemudian dikarakterisasi dengan menggunakan FTIR, XRD, dan uji situs asam. Katalis selanjutnya diaplikasikan dalam pembuatan biodiesel melalui reaksi esterifikasi antara PFAD dan methanol dengan perbandingan mol 1;15. Biodiesel yang dihasilkan diuji sifat fisikokimianya berupa uji densitas, laju alir, bilangan asam, dan persen konversi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah situs asam katalis karbon kulit buah kakao tertinggi yaitu KKBK-450. Berdasarkan analisis FTIR terdapat pita serapan pada bilangan gelombang 1036 cm-1 dan 1181 cm-1 menunjukkan adanya gugus O=S=O yang membuktikan bahwa gugus sulfonat berhasil disubtisusi ke permukaan karbon kulit buah kakao. Karakterisasi menggunakan XRD menunjukan hasil berupa katalis karbon kulit buah kakao mempunyai struktur amorf. Berdasarkan hasil uji sifat fisikokimia katalis dari biodiesel yang dihasilkan, KKBK-450 menunjukkan aktivitas katalitik optimum dengan persen konversi FFA menjadi FAME sebesar 52,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
CorrectorBeri, DeskiUNSPECIFIED
CorrectorKhair, MiftahulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:43
Last Modified: 02 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45432

Actions (login required)

View Item View Item