Pengembangan LKPD Hakikat Ilmu Kimia berbasis Etnosains Terintegrasi STEAM pada Pembelajaran di SMA

Vittorio, Tya Aqilla (2022) Pengembangan LKPD Hakikat Ilmu Kimia berbasis Etnosains Terintegrasi STEAM pada Pembelajaran di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TYA_AQILLA_VITTORIO_18035082_4264_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan diperlukannya suatu inovasi dalam proses pembelajaran kimia salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berbasis Etnosains terintegrasi STEAM. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No. 69 Tahun 2013 dan tuntutan abad 21 agar peserta didik memiliki keterampilan critical thinking, creative thinking, comunnication, dan collaboration (4C). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hakikat Ilmu Kimia berbasis Etnosains terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembelajaran di SMA dan mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitas LKPD yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development and Disseminate) karena keterbatasan waktu dan biaya, maka tahap development hanya dilakukan hingga tahap praktikalitas dan tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik, lembar validasi yang diberikan kepada lima orang validator dianalisis menggunakan rumus skala V dan angket praktikalitas kepada dua orang guru kimia dan dua puluh lima orang peserta didik dianalisis dengan teknik persentase. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai V sebesar 0,897 dengan kategori valid, sedangkan untuk hasil praktikalitas terhadap guru diperoleh persentase rata-rata 94% dan peserta didik 95% dengan kategori sangat praktis. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dan praktis sehingga bisa diterapkan pada pembelajaran Hakikat Ilmu Kimia di SMA pada masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:43
Last Modified: 02 Aug 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45429

Actions (login required)

View Item View Item