Pengembangan E-Lkpd Sel Volta berbasis Guided Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA

Yola, Servi Farda (2022) Pengembangan E-Lkpd Sel Volta berbasis Guided Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Servi _Farda_Yola_18035019_6365_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD sel volta berbasis guided discovery learning, mengungkapkan tingkat kevalidan dalam segi konten, konstruk dan media serta kepraktisan dan keefektifan small group. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan diantaranya penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian ini berupa lembar angket validasi konten, konstruk, media serta praktikalitas. E-LKPD ini divalidasi oleh 5 orang validator diantaranya 4 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 1 orang guru kimia SMA Negeri 1 Batang uji praktikalitas dianalisis menggunakan rumus persen, uji efektifitas menggunakan rumus N-Gain. Hasil uji validasi konten dengan aspek kesesuaian E-LKPD dengan sintaks guided discovery learning dan aspek kesesuaian isi E-LKPD terhadap konten keilmuan kimia dengan rata-rata nilai sebesar 0,88 dengan kategori valid. Hasil uji validasi konstruk dengan komponen kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dengan rata-rata nilai sebesar 0,93 dengan kategori valid. Hasil uji validasi media dengan aspek tampilan dan kemudahan dengan rata-rata nilai sebesar 0,88 dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas peserta didik dan guru dengan aspek kemudahan penggunaan, efesiensi waktu, dan manfaat secara berturut-turut dengan rata-rata sebesar 87% dan 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas didapatkan dengan nilai sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Hasil jawaban E-LKPD sel volta berbasis guided discovery learning didapatkan rata-rata sebesar 89. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD sel volta berbasis guided discovery learning yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:42
Last Modified: 02 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45426

Actions (login required)

View Item View Item