Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Elektronik dengan Modul Konvensional Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Senyawa Hidrokarbon

Fadilah, Risa Tri (2022) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modul Elektronik dengan Modul Konvensional Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RISA _TRI_FADILAH_18035160_6756_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar kimia siswa pada materi senyawa hidrokarbon di kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya pembelajaran yang masih terpusat kepada guru, serta guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada materi senyawa hidrokarbon adalah dengan menggunakan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep serta model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bagaimana perbandingan hasil belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon jika menggunakan modul elektronik berbasis guided discovery learning dengan modul konvensional di kelas XI SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 3 Pariaman tahun pelajaran 2022/2023. Kelas XI MIPA 1 digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan bahan ajar modul elektronik berbasis guided discovery learning sedangkan kelas XI MIPA 2 digunakan sebagai kelas kontrol dengan menggunakan bahan ajar modul konvensional. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 80,30 dan pada kelas kontrol adalah 71,81. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung<ttabel (1,59 < 2,04). Sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan modul elektronik berbasis guided discovery learning dengan kelas yang menggunakan modul konvensional pada materi senyawa hidrokarbon di kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLatisma, LatismaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:41
Last Modified: 02 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45425

Actions (login required)

View Item View Item