Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk SMA/MA

Sari, Rini Puspita (2022) Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Rini_Puspita_Sari_17035076_6544_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar topik pembahasan pada materi kimia bersifat abstrak, yang artinya konsep yang dipelajari tidak nampak secara konkrit. E-modul merupakan media pembelajaran yang dapat disajikan dengan menggunakan multirepresentasi kimia untuk menyajikan materi pembelajaran yang bersifat abstrak salah satunya materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis contextual teaching and learning yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia, dan peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Tilatang Kamang. Instrumen penelitian berupa angket peserta didik, angket uji validitas, dan angket praktikalitas. Data penelitian adalah data primer yang didapatkan secara langsung dari subjek penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan e-modul berbasis contextual teaching and learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk SMA/MA yang valid dan praktis. E-modul memiliki nilai validitas sebesar 0,89 dan nilai praktikalitas sebesar 92,36%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:40
Last Modified: 02 Aug 2023 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45422

Actions (login required)

View Item View Item