Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Insani, Pitratul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Pitratul_Insani_16061047_7294_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran Gambar Teknik dan kelayakan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan media dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan metode ADDIE. Tahapannya ada 5 yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dibatasi sampai tahap implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Gambar Teknik. Selanjutnya media diujicobakan kepada 43 siswa X TKP 3 SMKN 1 Bukittinggi. Berdasarkan basil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai 120,00 dengan persentase 96,00% yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Kedua, kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai 111,00 dengan persentase 96,52% yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Ketiga, kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian guru gambar teknik diperoleh nilai 160,00 dengan persentase 80,00% yang termasuk kategori "Layak". Keempat, uji coba yang dilakukan terhadap 43 siswa menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase 83,67% untuk keseluruhan pertanyaan. Dengan demikian media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran Gambar Teknik layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBody, RevianUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:40
Last Modified: 02 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45418

Actions (login required)

View Item View Item