Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Koligatif Larutan Ditinjau dari Kecenderungan Gaya Belajar Siswa di SMA N 1 Gunung Talang

Sukma, Nabilla (2022) Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Sifat Koligatif Larutan Ditinjau dari Kecenderungan Gaya Belajar Siswa di SMA N 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NABILLA_SUKMA_18035151_6711_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan kehidupan manusia, pendidikan merupakan satu hal yang penting, upaya untuk mencapai tujuan mengembangkan kemampuan melalui proses pembelajaran dikelas. Tolak ukur dari keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat melalui pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman konsep yang benar akan menciptakan pengetahuan yang bertahan lama. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh dalam pemahaman konsep yaitu gaya belajar, karena gaya belajar berpengaruh dalam kemaksimalan seseorang menyerap suatu informasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Pemahaman konsep pada materi sifat koligatif larutan, (2) Gaya belajar peserta didik, (3) Pemahaman konsep pada materi sifat koligatif larutan ditinjau dari kecenderungan gaya belajar peserta didik. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA N 1 Gunung Talang yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket gaya belajar model kolb dan tes pertanyaan terbuka. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar peserta didik kelas XII MIPA 1 untuk gaya belajar asimiasi sebesar 51,4%, gaya belajar divergen sebesar 22,9%, gaya belajar konvergen sebesar 17,1%, dan gaya belajar akomodasi sebesar 8,6%, (2) Pemahaman konsep peserta didik mengenai penurunan tekanan uap larutan pada kategori paham sebesar 44,95%. Mengenai Konsep kenaikan titik didih larutan pada kategori paham sebagian sebesar 47,6%. Konsep penurunan titik beku larutan pada kategori paham sebagian dengan miskonsepsi sebesar 30%. Konsep tekanan osmosis larutan pada kategori miskonsepsi sebesar 94,2%, dan perbedaan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit pada kategori tidak paham sebesar 51,4%, (3) Pemahaman konsep pada materi sifat koligatif larutan ditinjau dari kecenderungan gaya belajar peserta didik untuk gaya belajar konvergen, divergen, dan akomodasi berada pada kategori paham, dan gaya belajar asimilasi berada pada kategori paham sebagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLatisma, LatismaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:39
Last Modified: 02 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45416

Actions (login required)

View Item View Item