Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Vn (Vlognow) Pada Mata Kuliah Rekayasa Plumbing Dan Sanitasi

Fitra, Anwari (2022) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Vn (Vlognow) Pada Mata Kuliah Rekayasa Plumbing Dan Sanitasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANWARI_FITRA_16061043_5389_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Rekayasa Plumbing dan Sanitasi saat ini adalah perkuliahan praktikum yang dilakukan secara online. Metode pembelajaran dengan menggunakan sistem online hanya efisien terhadap penyampaian materi berupa teori, sedangkan untuk mata kuliah yang bersifat praktikum pembelajaran dengan sistem ini dinilai kurang optimal, karena mata kuliah praktikum itu menilai motorik mahasiswa. Dampak dari mata kuliah praktikum yang dilaksanakan secara online adalah kurang optimalnya mengajar dan kegiatan penilaian motorik mahasiswa, karena praktikum itu sendiri bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan dari ilmu teori dalam keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Pekerjaan Sambungan Plat. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi 1 dan ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata sebesar 3,66 dikatakan sangat baik. Selanjutnya adalah penilaian oleh ahli media mendapat skor rata-rata 3,55 dikatakan sangat baik. Sejalan dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media, penilaian dari 20 mahasiswa mendapat rata-rata skor 79% masuk ke dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorZola, PrimaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:38
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45412

Actions (login required)

View Item View Item