Praktikalitas dan Efektivitas LKPD Terintegrasi STEM PjBL Pada Materi Minyak Bumi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA

Putri, Hervania Dinda (2022) Praktikalitas dan Efektivitas LKPD Terintegrasi STEM PjBL Pada Materi Minyak Bumi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Hervania_Dinda_Putri_18035007_6530_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dan efektivitas dari penggunaan bahan ajar LKPD terintegrasi STEM PjBL pada materi Minyak Bumi terhadap hasil belajar dari peserta didik kelas XI SMAN 5 Solok Selatan melalui penelitian pre eksperimental. Subjek praktikalitas pada penelitian ini yakni 3 orang dari guru kimia dan 20 orang dari peserta didik yang sudah menempuh proses belajar materi Minyak Bumi sedangkan uji efektivitas yaitu 20 orang peserta didik yang akan diberikan perlakuan pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket praktikalitas dan soal uji coba yang sudah dilakukan validasi oleh validator. Pengolahan data dilakukan melalui penggunaan teknik analisis yakni deskriptif memakai persamaan presentase praktikalitas dan uji N-Gain untuk efektifitas media yang didapat dari perbandingan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis respon guru, tingkat praktikalitas media belajar berada pada golongan yang praktis dengan nilai 82% , dan berdasarkan analisis respon peserta didik tingkat praktikalitas media belajar ini berada pada golongan sangat praktis dengan presentase 94%. Hasil dari skors N-Gain yakni 0,83 dengan tingkat efektif dalam golongan yang tinggi. Maka bisa diambil kesimpulan LKPD terintegrasi STEM PjBL pada materi minyak bumi sangat praktis dan sudah efektif yang mana layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAini, SyamsiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:38
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45410

Actions (login required)

View Item View Item