Pengembangan Multimedia Interaktif PowerPoint Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa untuk Peserta Didik Tingkat SMA/MA

Kurniawati, Easy (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif PowerPoint Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa untuk Peserta Didik Tingkat SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_EASY_KURNIAWATI_19176005_5390_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Asam basa merupakan materi kimia yang dianggap cukup sulit oleh peserta didik karena bersifat abstrak dan kompleks. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan representasi kimia. Teknologi yang ada pada saat ini memungkinkan pembuatan suatu media pembelajaran yang memuat tiga level representasi kimia sehingga dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif PowerPoint berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam dan basa untuk mengetahui kategori validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, praktikalitas, dan tes hasil belajar. Produk divalidasi oleh 6 orang validator ahli kimia dan 3 orang validator ahli multimedia. Uji kepraktisan dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 33 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Padang Panjang. Uji efektivitas diukur menggunakan hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah formula Aiken's V untuk validitas, persentase praktikalitas untuk menguji kepraktisan serta N-Gain dan hipotesis untuk menguji efektivitas. Hasil analisis data validitas oleh ahli kimia dan ahli multimedia berdasarkan formula Aiken’s V menunjukkan hasil sebesar 0,92 dan 0,98 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas multimedia interaktif dari respon guru dan peserta didik adalah 88,33 dan 87,60 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil N-Gain adalah sebesar 0,92 dengan kategori keefektifan tinggi. Hasil uji normalitas dan homogenitas variansnya menyatakan bahwa sampel yang digunakan berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mengindikasikan bahwa penggunaan multimedia interaktif yang dihasilkan mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
T Technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:36
Last Modified: 02 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45401

Actions (login required)

View Item View Item