Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting di 5 Provinsi dengan Prevalensi Tertinggi di Indonesia Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Azmi, Nisa Ardila (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting di 5 Provinsi dengan Prevalensi Tertinggi di Indonesia Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_NISA_ARDILA_AZMI_19037053_5736_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kesehatan dan gizi merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dilihat dari indikator status gizi. Salah satu indikator status gizi yang menjadi permasalahan saat ini adalah stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Indonesia merupakan negara dengan kasus stunting yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dari masih banyaknya provinsi dengan prevalens stunting yang berada di atas rata-rata nasional dan berada di atas standar WHO, yaitu 20%. Dari 34 provinsi di Indonesia, terdapat 5 provinsi dengan prevalensi stunting yang tinggi, yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, dan Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model regresi data panel dan faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stunting di 5 provinsi dengan prevalensi tertinggi di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel respons (Y) yaitu prevalensi stunting dan empat variabel penjelas (X) yaitu balita mendapatkan ASI eksklusif kurang dari 6 bulan, akses sanitasi layak, akses air minum layak, dan imunisasi dasar lengkap di 5 provinsi dengan prevalensi stunting tertinggi di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, model yang cocok digunakan pada penelitian ini adalah Random Effect Model, yaitu Yit = 71,43405 + 0,169847X1it - 0,480566X2it dan untuk melihat efek individu dan waktu digunakan persamaan Yit = (71,43405 + ~oi + ~ot) + 0,169847X1i1 - 0,480566X2it· Dengan demikian faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kejadian stunting di 5 provinsi dengan prevalensi stunting tertinggi di Indonesia adalah balita mendapatkan ASI eksklusif kurang dari 6 bulan (X1) dan akses sanitasi layak (X2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, FadhilahUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:47
Last Modified: 02 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45400

Actions (login required)

View Item View Item