Pemetaan Provinsi-Provinsi di Pulau Sumatera Berdasarkan Indikator Indeks Kebahagiaan Tahun 2021 Menggunakan Analisis Biplot

Maulya, Rahma Fadhila (2022) Pemetaan Provinsi-Provinsi di Pulau Sumatera Berdasarkan Indikator Indeks Kebahagiaan Tahun 2021 Menggunakan Analisis Biplot. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RAHMA_FADHILA_MAULYA_19037064_5705_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indikator kebahagiaan telah dianggap penting bagi perumusan kebijakan publik dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan nasionalnya. Indonesia merupakan negara yang memiliki 6 pulau. Salah satu pulau yang perlu diperhatikan untuk dilakukan perbaikan dalam upaya peningkatan kebahagiaan penduduk yaitu Pulau Sumatera, hal ini dikarenakan masih banyaknya provinsi di Pulau Sumatera yang pencapaian indeks kebahagiaan di bawah rata-rata angka nasional. Hal ini dapat menjelaskan bahwa kebahagiaan penduduk di Pulau Sumatera belum merata dapat dirasakan oleh bebarapa provinsi di Pulau Sumatera. Tujuan penelitian ini adalah mengelompokkan provinsi-provinsi berdasarkan indikator indeks kebahagiaan untuk melihat indikator yang mencirikan masing-masing provinsi di Pulau Sumatera, serta melihat tingkat keragaman dan hubungan antar masing-masing indikator indeks kebahagiaan pada provinsi-provinsi di Pulau Sumatera. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dengan menggunakan analisis biplot. Variabel dalam penelitian ini ada 8 yaitu tujuan hidup (X1), penerimaan diri (X2), perasaan tidak tertekan (X3), Pendidikan (X4), Pekerjaan (X5), Pendapatan Rumah Tangga (X6), Kesehatan (X7), dan keharmonisan keluarga (X8). Objek dalam penelitian ini adalah 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis biplot diperoleh informasi bahwa terdapat empat kelompok provinsi yang memiliki indikator indeks kebahagiaan yang berbeda. Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu perlu dilakukan peningkatan agar tercapainya kesejahteraan di provinsi-provinsi di Pulau Sumatera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSalma, AdmiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:47
Last Modified: 02 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45398

Actions (login required)

View Item View Item