Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengangguran Terbuka di Wilayah Pulau Jawa Menggunakan Metode Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS)

Sari, Riska Purnama (2022) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengangguran Terbuka di Wilayah Pulau Jawa Menggunakan Metode Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Riska_Purnama_Sari_19037066_5704_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2021 Pulau Jawa merupakan wilayah di Indonesia yang memiliki nilai TPT tergolong tinggi dan melebihi nilai TPT secara nasional. Untuk mengetahui faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi TPT di Pulau Jawa maka digunakan metode Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model terbaik tingkat pengangguran terbuka dan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik masing-masing provinsi di Pulau Jawa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel respon (Y) yaitu tingkat pengangguran terbuka dan variabel prediktor (X) yaitu jumlah penduduk (X1), jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang bekerja seminggu lalu dengan pekerjaan utama (X2), upah minimum per bulan (X3), jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang sekolah (X4), rata-rata pengeluaran perkapita perbulan untuk makanan (X5), rata-rata pengeluaran perkapita perbulan untuk nonmakanan (X6), dan produk domestik bruto untuk harga berlaku (X7) Analisis yang telah dilakukan menghasilkan model terbaik dengan nilai Generalized Cross Validation (GCV) sebesar 1,7152 dari kombinasi fungsi basis=28, maksimum interaksi=1 dan minimum observasi=3. Faktor-faktor yang mempengaruhi TPT adalah jumlah penduduk, jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang bekerja seminggu lalu dengan pekerjaan utama, upah minimum perbulan, jumlah penduduk berusia 15 tahun ke atas yang sekolah, rata-rata pengeluaran perkapita perbulan untuk makanan, rata-rata pengeluaran perkapita perbulan untuk nonmakanan, dan produk domestik bruto untuk harga berlaku dengan nilai koefisien determinasi sebesar 86,73%. Faktor yang paling berpengaruh terhadap TPT adalah jumlah penduduk dengan tingkat kepentingan dalam model 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:46
Last Modified: 02 Aug 2023 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45395

Actions (login required)

View Item View Item