Pengembangan Tes Diagnostik Esai Terstruktur Kimia Materi Titrasi Asam Basa Sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Siswa

Rinta, Crismonia (2022) Pengembangan Tes Diagnostik Esai Terstruktur Kimia Materi Titrasi Asam Basa Sebagai Instrumen Analisis Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Crismonia_rinta_17035004_5061_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam suatu mata pelajaran dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Kesulitan belajar bisa disebabkan karena adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik ataupun hambatan pengetahuan. Hal tersebut bisa terjadi karena materi kimia merupakan suatu materi yang kompleks, yang menuntut peserta didik untuk paham mulai dari materi paling dasar (materi prasyarat) hingga materi kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik esai terstruktur kimia (Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry-SEDToC) materi titrasi asam basa yang memenuhi kriteria instrumen yang baik untuk mengidentifikasi miskonsepsi, hambatan belajar serta menilai hasil belajar peserta didik. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yakni menentukan isi, mendapatkan informasi tentang kesalahpahaman konsep peserta didik dan mengembangkan tes diagnostik. Instrumen tes SEDToC materi titrasi asam basa divalidasi oleh dua dosen dan dua guru kimia. Instrumen tes diujicobakan kepada kelompok dengan skala kecil yang terdiri dari 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes diagnostik kimia materi titrasi asam basa yang dikembangkan telah valid secara konten, memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu sebesar 0,94. Analisa indeks kesukaran instrumen SEDToC diperoleh sebanyak 10 butir soal dengan kategori mudah dan 18 soal dengan kategori soal sulit. Analisis daya pembeda soal diperolah bahwa 6 butir soal dengan kategori jelek, 18 soal dengan kategori cukup, tiga soal dengan kategori baik dan satu soal dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menggunakan instrumen SEDToC materi titrasi asam basa membuktikan bahwa instrumen SEDToC dapat menilai hasil belajar peserta didik, mengidentifikasi miskonsepsi dan materi penghambat peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:43
Last Modified: 02 Aug 2023 04:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45394

Actions (login required)

View Item View Item