Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Menunjang Kegiatan Laboratorium Virtual pada Materi Daya Hantar Listrik Larutan

Putri, Amoy Inneke (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Menunjang Kegiatan Laboratorium Virtual pada Materi Daya Hantar Listrik Larutan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_AMOY_INNEKE_PUTRI_14035050_7446_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran kimia belum dilaksanakan kegiatan praktikum pada setiap kompetensi dasar, disebabkan karena padatnya materi pembelajaran sehingga praktikum dapat dilaksanakan secara virtual. Kemudian belum adanya bahan ajar penunjang pelaksanaan praktikum yang beberapa diantaranya dapat berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD sebagai penunjang kegiatan laboratorium virtual yang valid. LKPD dibuat berdasarkan media laboratorium virtual menggunakan PhET simulations dan simulasi pada vlab kemendikbud untuk materi daya hantar listrik larutan. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, atau Research and Development (R & D) yang menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan Plomp. Tahap penelitian pengembangan Plomp terbagi atas empat tahap diantaranya;(1) fase penelitian awal yang menghasilkan analisis kurikulum, analisis kompetensi dan analisis peserta didik;(2) fase desain yang menghasilkan rancangan LKPD penunjang kegiatan laboratorium virtual;(3) fase realisasi yang menghasilkan produk LKPD yang belum divalidasi oleh validator;(4) fase evaluasi dan revisi yang menghasilkan LKPD yang sudah dinilai oleh validator dan sudah selesai direvisi. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data hasil uji validitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian berupa produk LKPD dan nilai validitas LKPD. Nilai rata-rata validitas LKPD penunjang kegiatan laboratorium virtual adalah 0.67 dengan kriteria sudah valid digunakan untuk menunjang kegiatan laboratorium virtual pada pembelajaran kimia SMA kelas X pada materi “Daya Hantar Listrik Larutan”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:40
Last Modified: 02 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45392

Actions (login required)

View Item View Item