Ruscan, Weno Audya
(2022)
Systematic Review: Miskonsepsi dan Remediasinya pada Materi Fluida.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Fluida merupakan salah satu materi pokok dalam pembelajaran Fisika dan masih terdapat miskonsepsi siswa pada tiap konsepnya. Telah banyak dilakukan penelitian sebagai solusi untuk meremediasi miskonsepsi tersebut. Oleh karena itu perlu dilanjutkan dengan review secara sistematis terhadap penelitian-penelitian tersebut. Hal ini dapat dilakukan apabila tujuan dalam penelitian ini tercapai agar menjadi informasi bermanfaat bagi para guru dan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penyebab miskonsepsi pada materi fluida, (2) mengetahui konsep-konsep yang menjadi miskonsepsi pada materi fluida, (3) mengetahui tes diagnostik yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi pada materi fluida, (4) mengetahui metode/strategi/model yang digunakan untuk meremediasi miskonsepsi pada materi fluida, (5) mengetahui media/bahan ajar yang digunakan untuk meremediasi miskonsepsi pada materi fluida, (6) mengetahui pengaruh atau besaran efek (effect size) metode/strategi/model atau media/bahan ajar terhadap remediasi miskonsepsi pada materi fluida.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic
review. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan ringkasan informasi yang diperlukan dalam ulasan yang ditulis dalam bentuk tabel. Data yang dikumpulkan terdiri dari 52 artikel yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional dan diterbitkan dari tahun 2013-2021. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan instrumen yang telah diterapkan serta menggunakan perumusan effect size.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pemicu
miskonsepsi yang paling banyak ditemui adalah pembelajaran yang mengedepankan hafalan rumus, (2) konsep yang paling sering ditemui menjadi miskonsepsi yaitu pada materi fluida statis dan fluida dinamis adalah hukum archimedes dan persamaan Bernoulli, (3) instrumen tes diagnostik yang umum digunakan adalah pilihan ganda dengan reasoning terbuka, (4) terdapat 39 metode/strategi/model serta pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meremediasi miskonsepsi siswa, (5) bahan ajar/media pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah multimedia interaktif, dan (6) penggunaan eduplasa interactive media memberikan pengaruh paling besar terhadap hasil remediasi miskonsepsi adalah dengan nilai effect size sebesar 15,72.
Actions (login required)
|
View Item |