Pengaruh Variasi Jumlah Pencelupan Kain Katun pada Larutan Komposit Kitosan-sio2 terhadap Sifat Hidrofobik untuk Masker Antivirus

Yuliani, Kurnia Dwi (2022) Pengaruh Variasi Jumlah Pencelupan Kain Katun pada Larutan Komposit Kitosan-sio2 terhadap Sifat Hidrofobik untuk Masker Antivirus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_KURNIA_DWI_YULIANI_18034010_6829_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masker adalah komponen penting dari APD untuk mencengah bio-aerosol dan droplet yang menjadi media penularan suatu penyakit. Penggunaan masker merupakan salah satu penerapan protokol kesehatan. Pemilihan dan pemakaian masker yang benar dapat secara efektif mencegah penyebaran penularan virus Covid-19. Namun, sangat disayangkan masker medis yang biasa digunakan tidak dapat digunakan secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan masker hidrofobik dari kain katun dan memiliki sifat antivirus dari bahan komposit Kitosan-SiO2. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen laboratorium, Kitosan-SiO2 yang digunakan dalam ukuran nanopartikel menggunakan alat High Energy Milling (HEM). Selanjutnya menganalisis kandungan SiO2 menggunakan X-Ray Fluoresense (XRF) dan Spektrofotometer Infra Red (FTIR) untuk menghitung derajat deasetilasi kitosan. Untuk menganalisis struktur kristal dan ukuran kristal menggunakan X-Ray Difraction (XRD) dan untuk mengetahui struktur morfologi lapisan komposit Kitosan-SiO2 menggunakan Scanning Electron Microsope (SEM) . Kitosan-SiO2 digunakan sebanyak 0,5 gram dan disintesis menggunakan metode sol-gel. Untuk pengujian sudut kontak, gambar diambil menggunakan kamera DSLR. Pengujian antivirus menggunakan thermal camera dan sinar UVC. Hasil penelitian ini adalah masker hidrofobik yang berasal dari kain katun bersifat antivirus. sudut kontak yang dihasilkan dari variasi pencelupan secara berturut-turut adalah 122,4o, 130,914o, 134,563o, 136,138o sedangkan sudut kontak tanpa dilapisi sebesar 90o. Suhu permukaan yang dihasilkan dari lapisan komposit Kitosan-SiO2 berdasarkan pola citra suhunya yaitu 37,4oC, 39,9oC, 40,2oC, 41,6oC. Setelah dilakukan pencucian terhadap sampel lapisan kain katun terjadi peleburan sudut kontak paling bagus pada variasi 4 kali pencelupan dan peleburan yang terjadi sebesar 0,0023.Variasi pencelupan yang terbaik terhadap sudut kontak dan pengujian antivirus yang ditandai dengan pola citra suhu permukaan adaah 4 kali pencelupan dengan sudut kontak 136,138o mencapai sudut ultrahidrofobik dan suhu permukaan 41,6oC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:33
Last Modified: 02 Aug 2023 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45385

Actions (login required)

View Item View Item