Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Medan Magnet

Fitri, Yoli Wilanda (2022) Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Medan Magnet. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_YOLI_WILANDA_FITRI_18033173_5299_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abad 21 merupakan era globalisasi pembelajaran. Pada abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan, pengetahuan, kemampuan di bidang teknologi, media, informasi, keterampilan pembelajaran, inovasi keterampilan hidup dan karier. Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah untuk mendorong siswa memiliki pemahaman konsep dan keterampilan abad 21. Fakta yang ditemukan di lapangan adalah pemahaman konsep siswa SMA pada materi medan magnet tergolong rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mendesain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi medan magnet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan karakteristik validitas terhadap multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi medan magnet. Penelitian ini termasuk jenis penelitian development research menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian dibatasi sampai tahap develop or prototyping Phase pada tahap validitas. Instrumen pengumpulan data untuk tahap validitas dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas. Instrumen pengumpulan data untuk tahap Self evaluation menggunakan lembar penilaian diri self evaluation. Teknik analisis data untuk self evaluation mengunakan teknik persentase. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken. Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan pemahaman konsep siswa rendah. Pada develope or rototyping phase telah didesain multimedia interaktif yang disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,82 dengan kategori valid dalam hal komponen substansi materi, desain pembelajaran, tampilan komunikasi visual, dan pemanfaatan software.Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi medan magnet adalah valid. Sehingga dapat dilakukan uji lanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:25
Last Modified: 02 Aug 2023 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45380

Actions (login required)

View Item View Item