Pengaruh Multimedia Interaktif Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya Terintegrasi Stem Terhadap Pengetahuan, Literasi Data, dan Literasi Teknologi Siswa

Ahzari, Serli (2022) Pengaruh Multimedia Interaktif Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya Terintegrasi Stem Terhadap Pengetahuan, Literasi Data, dan Literasi Teknologi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Serli_Ahzari_18033041_7251_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut siswa memiliki literasi data dan literasi teknologi. Studi awal yang dilakukan di SMAN 1 Guguak menyatakan bahwa siswa masih kesulitan dalam proses pembelajaran sehingga pengetahuan siswa perlu ditingkatkan. Keterampilan literasi data dan literasi teknologi siswa juga masih tergolong rendah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan multimedia interaktif gelombang bunyi dan gelombang cahaya terintegrasi STEM terhadap pengetahuan, literasi data, dan literasi teknologi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh multimedia interaktif gelombang bunyi dan gelombang cahaya terintegrasi STEM terhadap pengetahuan, literasi data, dan literasi teknologi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Guguak yang terdaftar pada semester satu tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis dan penilaian kinerja. Data aspek yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk aspek pengetahuan, literasi data dan literasi teknologi siswa. Hasil analisis aspek pengetahuan, literasi data dan literasi teknologi menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikansi 0,025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif gelombang bunyi dan gelombang cahaya terintegrasi STEM memberikan pengaruh yang berarti terhadap aspek pengetahuan, literasi data dan literasi teknologi siswa kelas XI SMAN 1 Guguak pada taraf kepercayaan 97,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif gelombang bunyi dan gelombang cahaya terintegrasi STEM efektif diterapkan dalam pembelajaran Fisika SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:23
Last Modified: 02 Aug 2023 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45379

Actions (login required)

View Item View Item