Pengaruh Bahan Ajar Usaha dan Energi Berbasis TIK Terintegrasi Pendidikan STEM terhadap Pengetahuan Literasi Data dan Teknologi Siswa SMA

Marlina, Liza (2022) Pengaruh Bahan Ajar Usaha dan Energi Berbasis TIK Terintegrasi Pendidikan STEM terhadap Pengetahuan Literasi Data dan Teknologi Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_LIZA_MARLINA_188033007_5226_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pendidikan abad ke-21 menuntut sumber daya manusia untuk memiliki wawasan luas, berpikir kritis, dan memiliki literasi. Kondisi di lapangan ditemukan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih rendah, belum diterapkannya pendidikan STEM dan literasi data dan teknologi dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah pada pembelajaran fisika termasuk pada materi usaha dan energi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan bahan ajar berbasis TIK terintegrasi pendidikan STEM terhadap literasi data dan teknologi siswa SMA. Tujuan dari penelitian adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan bahan ajar fisika berbasis TIK terintergasi pendidikan STEM terhadap keterampilan literasi data dan teknologi siswa kelas X MIPA di SMAN 13 Padang Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Exsperiment Research). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MIPA di SMAN 13 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kelas yang terpilih untuk menjadi kelas sampel adalah kelas X MIPA 4 dan kelas X MIPA 6. Alat untuk pengumpulan data hasil penelitian pada aspek pengetahuan berupa tes soal objektif sebanyak 25 butir soal dan soal essay sebanyak 5 butir soal dan alat untuk pengumpulan data hasil penelitian pada aspek keterampilan berupa lembar penilaian kinerja. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t independent pada taraf nyata 0,05 dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ditemukan perbedaan yang signifikan pada aspek pengetahuan dan keterampilan literasi data dan teknologi siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Perbedaan ini di yakini disebabkan oleh pengaruh bahan ajar usaha dan energi berbasis TIK terintegrasi pendidikan STEM terhadap aspek pengetahuan, literasi data dan teknologi siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penerapan bahan ajar usaha dan energi berbasis TIK terintegrasi pendidikan STEM terhadap aspek pengetahuan, literasi data dan teknologi siswa kelas X MIPA SMAN 13 Padang. Kata Kunci : Bahan Ajar berbasis TIK, Pendidikan STEM, Aspek Pengetahuan, Literasi Data, Literasi Teknologi, Materi Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45376

Actions (login required)

View Item View Item