Pengembangan E-Book Fisika SMA Terintegrasi Materi Bencana Petir Berbasis Discovery Learning

Putri, Gema Eferko (2022) Pengembangan E-Book Fisika SMA Terintegrasi Materi Bencana Petir Berbasis Discovery Learning. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Gema_Eferko_Putri_18175012_7326_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Intensitas curah hujan berhubungan erat dengan kejadian petir, termasuk di wilayah Sumatera Barat. Energi yang dihasilkan petir sangat besar, namun tidak dapat dikendalikan sehingga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bahkan korban jiwa. Untuk mengurangi resiko bencana, Indonesia dengan beberapa negara lainnya telah membuat program pengurangan resiko bencana yang salah satunya masuk melalui jalur pendidikan di sekolah. Pengimplementasian di sekolah dilakukan dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang bencana ke dalam sumber belajar yang digunakan pada mata pelajaran yang erat kaitannya dengan peristiwa alam seperti fisika. Sumber belajar yang terintegrasi bencana petir tetap harus dirancang sesuai dengan perkembangan zaman yang memasuki era revolusi 4.0. Salah satu bentuk bahan ajar yang cocok adalah e-book. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-book fisika SMA terintegrasi materi bencana petir berbasis discovery learning dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ialah Research and Development (R&D). Pengembangan produk mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, development or protyping phase, dan assessment phase. Data pada penelitian berupa data analisis kebutuhan, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrumen penilaian terdiri dari kuesioner, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian diri, soal objektif, dan lembar penilaian kinerja. Teknik analisis data adalah data validitas dianalisis dengan formula aiken‟s V. Data praktikalitas dianalisis dengan skala likert, dan data efektivitas dianalisis dengan N-gain. Hasil penelitian ialah e-book Fisika SMA terintegrasi materi bencana petir berbasis discovery learning dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa e-book Fisika SMA terintegrasi materi bencana petir berbasis discovery learning akan lebih maksimal penggunaannya dalam pembelajaran, saat peserta didik diberikan sosialisai tentang pentingnya mereka memiliki pemahaman tentang bencana petir. Kesimpulan penelitian adalah e-book Fisika terintegrasi materi mitigasi bencana petir berbasis discovery learning yang valid, praktif, dan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorRazi, PakhrurUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45375

Actions (login required)

View Item View Item