Pengembangan E-book Chapter Pembelajaran Fisika Berorientasi HOTS Dengan Pendekatan CBR Pada Materi Usaha & Energi SMA Kelas X

Andriyani, Dwi Rika (2022) Pengembangan E-book Chapter Pembelajaran Fisika Berorientasi HOTS Dengan Pendekatan CBR Pada Materi Usaha & Energi SMA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DWI_RIKA_ANDRIYANI_18033137_6335_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan TIK dimanfaatkan oleh manusia untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas dari berbagai aspek salah satunya adalah pendidikan. Dalam pendidikan proses pembelajaran biasa menggunakan bahan ajar, salah satunya adalah e-book. Fakta yang sebenarnya di lapangan, e-book yang digunakan masih belum interaktif karena masih berupa tulisan dan gambar-gambar saja. Bahan ajar yang digunakan oleh pendidik masih kurang memuat ketersediaan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang berfokus pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini bisa terlihat dari persentase peserta didik dalam menjawab soal HOTS pada UN 2019 masih dalam kategori rendah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan e-book chapter pembelajaran fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan CBR pada materi usaha & energi SMA kelas X. Penelitian yang dilakukan termasuk ke dalam Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan sampai uji praktikalitas kepada guru dan beberapa peserta didik. Proses validasi e-book chapter melibatkan 3 orang dosen Fisika UNP sebagai validator. Uji praktikalitas e-book chapter kepada guru dilakukan oleh 6 orang guru sebagai praktisi dari yang berasal dari tiga sekolah yaitu SMAN 10 Padang, SMAN 7 Padang, dan SMAN 15 Padang. Uji praktikalitas e-book chapter kepada peserta didik dilakukan dengan 9 orang peserta didik dari salah satu sekolah yaitu SMAN 7 Padang. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian. Pertama, e-book chapter pembelajaran fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan CBR pada materi usaha & energi SMA kelas X memiliki nilai validitas 0,8 dengan kategori sangat valid. Kedua, hasil uji praktikalitas pada guru e-book chapter pembelajaran fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan CBR pada materi usaha & energi SMA kelas X memiliki nilai kepraktisan 89,29 dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil praktikalitas pada peserta didik e-book chapter pembelajaran fisika berorientasi HOTS dengan pendekatan CBR pada materi usaha & energi SMA kelas X memiliki nilai kepraktisan 87,79 dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:00
Last Modified: 02 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45374

Actions (login required)

View Item View Item