Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA Sebagai Suplemen Pembelajaran Biologi

Indriani, Sisi (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA Sebagai Suplemen Pembelajaran Biologi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SISI_INDRIANI_17031184_7581_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang tepat merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, maka dari itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran Biologi di MAN 2 Padang, selama ini guru sudah memberikan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) demi meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun hasilnya belum memuaskan. Berdasarkan observasi di sekolah dimana guru sudah pernah menggunakan LKPD berbasis masalah dalam bentuk media cetak. LKPD berbasis masalah yang dibuat oleh guru belum terstruktur dan belum memiliki sintak yang berurutan sesuai BSNP. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analyzing (mengalisis), Designing (mendesain), Developing (mengembangkan), Implementing (menerapkan), dan Evaluating (mengevaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket obserasi, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen Jurusan Biologi, satu orang guru mata pelajaran Biologi MAN 2 Padang dan 32 orang peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Padang. Objek penelitian berupa LKPD elektronik berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dihasilkan memiliki nilai validitas 83,5% dengan kriteria valid dan nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik yaitu 87,2% dan 94,5% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA/MA sebagai suplemen pembelajaran biologi yang valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:21
Last Modified: 02 Aug 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45369

Actions (login required)

View Item View Item