Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA semester I

Ulandari, Riska (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA semester I. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Riska_Ulandari_18031021_7235_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian pengalaman langsung sangat berperan penting dalam pembelajaran biologi. Salah satu penerapannya dapat dilakukan melalui kegiatan praktikum. Cara yang digunakan untuk menuntun dan mengarahkan peserta didik dalam kegiatan praktikum adalah dengan penggunaan penuntun praktikum. Penuntun praktikum yang sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 dibuat berdasarkan karakteristik pendekatan saintifik dengan menerapkan prinsip metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum biologi berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA semester I yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four-D models). Penuntun praktikum yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMA Negeri 3 Dumai. Subjek uji coba penelitian ini adalah satu orang guru biologi dan 32 orang peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Dumai. Objek penelitian ini adalah penuntun praktikum biologi berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA semester I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket observasi, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa penuntun praktikum yang digunakan peserta didik belum menerapkan langkah�langkah ilmiah, sehingga 87,5% peserta didik menyatakan pedoman praktikum yang digunakan tidak memudahkan peserta didik dalam melakukan kegiatan praktikum. Ditinjau dari uji validitas, diperoleh bahwa penuntun praktikum yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan nilai 84,86%, baik dari aspek didaktik, konstruk, teknis, dan bahasa. Ditinjau dari uji praktikalitas, penuntun praktikum yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dengan nilai 93,75% oleh guru dan 91,70% oleh peserta didik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan penuntun praktikum biologi berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA semester I yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:26
Last Modified: 02 Aug 2023 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45366

Actions (login required)

View Item View Item