Pengembangan Buku Digital Berbasis Model Pembelajaran Randai Terintegrasi Potensi Lokal Sumatera Barat Pada Materi Plantae kelas X SMA/MA

Erlina, Ririn (2022) Pengembangan Buku Digital Berbasis Model Pembelajaran Randai Terintegrasi Potensi Lokal Sumatera Barat Pada Materi Plantae kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RIRIN_ERLINA_18031046_5750_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang baik dapat terjadi apabila didukung sumber belajar atau bahan ajar yang berkualitas. Salah satu contoh bahan ajar adalah buku. Perkembangan teknologi informasi saat ini mampu menggeser paradigma dari penggunaan buku cetak kearah penggunaan buku berformat digital dengan kualitas konten yang baik, tampilan atau kemasan yang lebih menarik, interaktif dan hemat biaya. Bahan ajar yang dominan digunakan yaitu buku teks, modul dan LKPD. Berdasarkan hasil observasi awal, SMAN 3 Solok Selatan belum menggunakan buku digital sebagai sumber belajar dan belum diintegrasikan dengan potesi lokal.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi plantae kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & development) menggunakan model Plomp. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research phase, development phase dan assesment phase. Pada tahap assesment phase dibatasi sampai uji praktikalitas. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen biologi FMIPA UNP, 1 orang guru biologi dan 28 orang peserta didik kelas XI SMAN 3 Solok Selatan. Objek penelitian adalah buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrai potensi lokal Sumatera Barat pada materi plantae. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain yaitu lembar angket self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation, field test dan angket praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi plantae kelas X SMA/MA sangat valid (91,94%). Kemudian berdasarkan uji praktikalitas oleh guru sangat praktis (96,04%) dan praktikalitas oleh peserta didik (97,48%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa buku digital berbasis model pembelajaran RANDAI terintegrasi potensi lokal Sumatera Barat pada materi plantae kelas X SMA/MA sangat valid dan sangat praktis dan dapat digunakan pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:24
Last Modified: 02 Aug 2023 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45362

Actions (login required)

View Item View Item