Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Untuk SMA

Marlita, Marlita (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MUTHIA_MARLITA_18031092_5374_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan di SMAN 3 Pariaman belum bervariasi masih berpusat pada guru, guru sering menggunakan metode ceramah dan diskusi membuat pembelajaran monoton mengakibatkan rendahnya hasil belajar dan keaktifan peserta didik saat aktivitas pembelajaran khususnya pada materi sistem reproduksi pada manusia. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Model membantu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik saat pembelajaran dengan mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau topik tertentu melalui sebuah permainan kartu berpasangan. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi sistem reproduksi pada manusia Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 3 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian soal pilihan ganda sebanyak 30 soal dan lembar observasi sikap, keterampilan dan keaktifan peserta didik. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran tipe make a match dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan diskusi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata aspek pengetahuan kelas eksperimen 75 dan kelas kontrol 60. Rata-rata aspek sikap dan keterampilan kelas eksperimen yaitu 85 dan 82 sedangkan kelas kontrol yaitu 76 dan 74. Rata-rata keaktifan peserta didik kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 78. Analisis data dengan uji independent sample t-test nilai signifikan kelas sampel < 0,05 yaitu 0,00 dan Mann Whitney nilai siginifikan kelas sampel < 0,05 yaitu 0,001. Disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe make a match terhadap hasil belajar aspek pengetahuan, sikap, keterampilan dan keaktifan peserta didik SMAN 3 Pariaman pada materi sistem reproduksi pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:18
Last Modified: 02 Aug 2023 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45354

Actions (login required)

View Item View Item