Pengaruh Model Pembelajaran Randai Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Literasi Informasi Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 1 Matur

Trimayora, Laras (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Randai Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Literasi Informasi Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 1 Matur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_LARAS_TRIMAYORA_18031044_5300_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil analisis awal menunjukkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Matur berada pada kriteria perlu ditingkatkan. Literasi informasi peserta didik juga masih tergolong cukup dari kriteria penilaian literasi informasi. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi peserta didik, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran RANDAI. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RANDAI terhadap keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Matur. Jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Matur tahun pelajaran 2021/2022. Sampel adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen keterampilan pemecahan masalah berupa lembar soal essai berbentuk kasus sedangkan instrumen literasi informasi berupa angket literasi informasi. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian keterampilan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 11,13 dan kelas kontrol sebesar 9,42. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian literasi informasi kelas ekperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 8,68 dan kelas kontrol sebesar 7,28. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan literasi informasi peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran RANDAI berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah dan literasi informasi peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Matur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:15
Last Modified: 02 Aug 2023 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45352

Actions (login required)

View Item View Item