Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Jaringan Hewan Untuk SMA

Sara, Haniza (2022) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Jaringan Hewan Untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_HANIZA_SARA_18031063_5659_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yang dikenal dengan 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaboration). Penguasaan kompetensi keterampilan 4C pada proses pembelajaran tersebut dapat diterapkan apabila melibatkan interaksi langsung peserta didik dengan hal-hal konkrit suatu fenomena. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam pembelajaran diperlukannya bahan ajar yang mendukung untuk mengasah keterampilan abad 21 peserta didik. Salah satu bahan ajar yang dapat memuat aspek keterampilan abad 21 dengan tuntutan kurikulum 2013 adalah Lembar Kegiatan Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berorientasi keterampilan abad 21 pada materi jaringan hewan untuk SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA N 2 Kab Tebo sebagai uji praktikalitas dalam menggunakan LKPD berorientasi keterampilan abad 21 serta divalidasi oleh dua orang dosen biologi Universitas Negeri Padang dan dua orang guru biologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validitas persentase penilaian LKPD berorientasi keterampilan abad 21 memiliki nilai 94,1% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas penilaian LKPD berorientasi keterampilan abad 21 oleh guru memiliki nilai 95,4% dengan kriteria sangat praktis dan uji praktikalitas oleh peserta didik memiliki nilai 93% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik berorientasi keterampilan abad 21 pada materi jaringan hewan untuk SMA telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:11
Last Modified: 02 Aug 2023 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45351

Actions (login required)

View Item View Item