Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Terintegrasi Potensi Lokal Kabupaten Pasaman Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA

Yunisa, Filza (2022) Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Terintegrasi Potensi Lokal Kabupaten Pasaman Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FILZA_YUNISA_18031041_ 6081_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu inovasi dalam proses pembelajaran adalah menjadikan potensi lokal sebagai sumber bahan ajar. Keberadaan bahan ajar yang belum menyertakan potensi lokal sebagai sumber belajar mengakibatkan peserta didik memiliki pengetahuan yang rendah terhadap potensi lokal di daerahnya. Salah satu langkah untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan booklet dilengkapi ensiklopedia yang terintegrasi potensi lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan booklet dilengkapi ensiklopedia terintegrasi potensi lokal Kabupaten Pasaman Barat pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA yang valid dan bisa dibaca dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dibatasi oleh peneliti dari 4 tahapan 4-D yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate, peneliti hanya melakukan 3 tahapan yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian ini 3 orang dosen, 1 guru biologi, dan 27 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Koto Balingka. Objek penelitian ini adalah booklet dilengkapi ensiklopedia terintegrasi potensi lokal Kabupaten Pasaman Barat pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA. Lembar instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara, lembar validitas dan lembar keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan booklet dilengkapi ensiklopedia terintegrasi potensi lokal Kabupaten Pasaman Barat pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA yang sangat valid dan bisa dibaca dengan sangat baik. Hasil uji validitas yakni 95,27% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh guru yakni 94,64% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil keterbacaan oleh peserta didik yakni 91,84% dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan booklet dilengkapi ensiklopedia terintegrasi potensi lokal Kabupaten Pasaman Barat pada materi keanekaragaman hayati sangat valid dan bisa dibaca dengan sangat baik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:12
Last Modified: 02 Aug 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45348

Actions (login required)

View Item View Item