Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang

Zuwirda, Zuwirda (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_08_ZUWIRDA_19479_628_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Pembelajaran kewirausahaan yang dilaksanakan di perguruan tinggi saat ini berdasarkan beberapa penelitian belum mampu menekan angka pengangguran lulusan. Menjawab permasalahan tersebut berbagai upaya dan perubahan untuk kemajuan dilakukan untuk melahirkan student enterpreneurship. Yaitu mahasiswa yang memiliki Self Confidence untuk merencanakan, mengambil keputusan tentang kewirausahaan yang akan dikembangkan setelah menamatkan pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya jiwa kewirausahaan, salah satunya adalah budaya dimana seseorang itu dibesarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D), dilakukan mengikuti tahapan “ADDIE”. Untuk mendapatkan data faktual di lapangan digunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Sampel ditentukan secara porposive sampling. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data kualitataif menggunakan informan melalui observasi dan wawancara. Tehnik analisis data deskriptif diolah dengan SPSS versi 20 dan menggunakan uji Konkordasi Kendall’s. Produk penelitian berupa buku modul dan buku panduan penggunaan modul pembelajaran kewirausahaan berbasis budaya Minangkabau untuk meningkatkan Self Confidence Mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran Self Confidence mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi secara umum berada pada tingkat sedang, sedangkan pemahaman mahasiswa terhadap budaya Minangkabau yang terkait dengan pepatah yang berhubungan dengan kewirausahaan masyarakat Minangkabau masih rendah. (2). Hasil validasi uji kelayakan yang dilakukan para pakar/ahli ke dua perangkat modul dan buku panduan penggunaan modul sudah sangat layak menurut pakar/ahli untuk digunakan dalam proses pembelajaran, sedangan untuk uji keselarasan penilaian dari para ahli mengambarkan bahwa tingkat keselarasan/ kecocokan penilaian yang diberikan berada pada kategori sangat layak, (3) Hasil uji keterpakaian kedua perangkat modul dan buku panduan modul yang dilakukan oleh praktisi/dosen diperoleh gambaran bahwa uji validitas keterpakaian dan uji keselarasan penilaian oleh praktisi menyatakan bahwa kedua perangkat berada pada ketegori sudah sangat layak dipergunakan dalam proses penbelajaran kewirausahaan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
Thesis advisorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorYusuf, MuriUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorYulastri, AsmarUNSPECIFIED
CorrectorYacob, Nik Rosila NikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN, SELF CONFIDENCE MAHASISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:10
Last Modified: 02 Aug 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45347

Actions (login required)

View Item View Item