Analisis Metode Chi-Squared Automatic Interaction Detection untuk Klasifikasi Uang Jemput pada Tradisi Pernikahan di Kecamatan Pariaman Utara

Ardatama, Rahul (2022) Analisis Metode Chi-Squared Automatic Interaction Detection untuk Klasifikasi Uang Jemput pada Tradisi Pernikahan di Kecamatan Pariaman Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_RAHUL_ARDATAMA_18030098_7281_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman etnis serta budaya. Salah satu etnis yang mendiami Indonesia adalah etnis Minangkabau. Adat dan budaya Minangkabau yang masih ada yaitu adat perkawinan. Adat perkawinan di setiap daerah Minangkabau memiliki ciri khas masing-masing. Salah satu daerah di Minangkabau yang terkenal dengan adat perkawinannya yaitu Pariaman. Adat perkawinan di Pariaman berbeda dengan adat perkawinan daerah Minangkabau lainnya, karena adanya tradisi bajapuik (menjemput pengantin laki-laki) yang mengsyaratkan adanya uang jemput atau uang japuik. Menurut wawancara dengan Ketua Kerapatan Adat Nagari di Kecamatan Pariaman Utara dan salah satu Niniak Mamak di Kecamatan Pariaman Utara bahwa uang jemput di setiap Ajo Piaman itu tentu berbeda-beda dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai uang jemput Ajo Piaman seperti, faktor pekerjaan, pendidikan, usia, penghasilan, gelar, nikah, harta, dan tahun nikah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang lebih signifikan mempengaruhi jumlah uang jemput Ajo Piaman pada tradisi pernikahan di Kecamatan Pariaman Utara. Dan Untuk mengetahui hasil klasifikasi uang jemput Ajo Piaman pada tradisi pernikahan di Kecamatan Pariaman Utara menggunakan analisis CHAID. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah Ajo Piaman di Kecamatan Pariaman Utara yang sudah melakukan pernikahan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 didapat menggunakan teknik Purposive random sampling. Hasil pengklasifikasian penelitian menggunakan analisis chi-squared automatic interaction detection menunjukkan bahwa faktor pendidikan, penghasilan dan tahun nikah berpengaruh signifikan terhadap jumlah uang jemput di Kecamatan Pariaman Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, DefriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:07
Last Modified: 01 Aug 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45341

Actions (login required)

View Item View Item