Pengelompokan Tingkat Ketercapaian Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Bengkulu Selatan Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering

Sumita, Nurmaya (2022) Pengelompokan Tingkat Ketercapaian Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Bengkulu Selatan Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NURMAYA_SUMITA_18030020_6125_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan masyarakat akan vaksin dan banyaknya masyarakat yang merasa khawatir untuk melakukan vaksinasi Covid-19 menjadi hambatan yang besar untuk mencapai target vaksinasi Covid-19. Pemerintah dan kelompok kesehatan harus siap memberikan informasi vaksin yang benar agar mengurangi keraguan di kalangan masyarakat. Pemberian informasi yang tepat tentang program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat mampu menghilangkan presepsi tidak baik terhadap vaksin. Penyampaian informasi ini dapat dilakukan melalui sosial media, membagikan brosur dan sosialisasi kepada masyarakat melalui perangkat daerah. Selain itu dilakukan pengelompokan di setiap daerah pada Kabupaten Bengkulu Selatan berdasarkan tingkat pencapaian target vaksinasi dengan menggunakan metode Agglomerative Hierarchical Clustering. Data yang digunakan adalah data vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Bengkulu Selatan dengan 6 variabel. Dari pengelompokkan tersebut dapat dilihat karakteristiknya sehingga diketahui daerah yang memiliki cluster yang sama. Pada vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua didapatkan 3 cluster yang dimana pada cluster 1 merupakan cluster dengan pencapaian vaksinasi rendah. Sedangkan pada vaksinasi covid-19 dosis ketiga didapatkan 4 cluster yang dimana cluster 1 merupakan cluster dengan pencapaian terendah. Kemudian dapat disimpulkan bahwa untuk pengukuran kemiripan terbaik dalam proses pengclusteran vaksinasi Covid-19 pada dosis pertama dengan single linkage adalah jarak Manhattan, pada dosis kedua dan dosis ketiga adalah jarak Euclidean dan jarak Minkowski.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:56
Last Modified: 01 Aug 2023 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45340

Actions (login required)

View Item View Item