Pengembangan Local Intructional Theory (LIT) Terintegrasi Mathematical Cognition (MC) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar

Anggraini, Villia (2023) Pengembangan Local Intructional Theory (LIT) Terintegrasi Mathematical Cognition (MC) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_VILIA_ANGGRAINI_18169027_4933_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa alur belajar bilangan termuat dalam buku teks di sekolah belum mampu mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, serta belum menimbulkan sikap positif siswa terhadap matematika. Oleh karena itu perlu didesain alur belajar dalam bentuk aktivitas berdasarkan pengalaman siswa (experience-based-activities). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LIT terintegrasi MC berbasis RME yang memenuhi kriteria valid dan praktis dan efektif bagi siswa Sekolah Dasar. Secara operasional, desain LIT terwujud dalam buku guru dan buku siswa. Untuk menghasilkan LIT terintegrasi MC berbasis RME tersebut, digunakan design research yang mengkombinasikan model Ploom dan model Gravemeijer &Cobb dengan tiga fase. Pada fase pertama dilakukan penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment) yang teridiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, analisis karakteristik siswa dan literature review. Pada fase kedua dilakukan pengembangan (development or prototyping phase/design experiment) dengan serangkaian formative: self evaluation, validasi ahli, one to one evaluation, dan small group evaluation. Selanjutnya fase ketiga dilakukan penelitian (assessment phase/ retrospective analysis) melalui field test dan melakukan refleksi terhadap LIT kepada siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD N 05 Surau Gadang Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji statistik. Dari penelitian dihasilkan LIT terintegrasi MC berbasis RME yang memenuhi kriteria sangat valid dengan karakteristik: aktivitas dalam LIT memfasilitasi siswa untuk melakukan proses matematika vertikal dan horizontal, interaktif, berpusat kepada siswa, dan merefleksikan art of knowledge dari RME. Produk penelitian juga memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik LIT dapat berjalan pada semua level siswa, membantu siswa dalam menemukan konsep, mengembangkan kemampuan berfikir siswa, dan waktu yang disediakan cukup untuk mencapai tujuan pembelajaran. LIT terintegrasi MC berbasis RME memenuhi kriteria efektif dengan karakteristik berdampak positif terhadap disposisi matematis dan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorSa'dijah, cHOLISUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LOCAL INTRUCTIONAL THEORY, MATHEMATICAL COGNITION, REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:31
Last Modified: 01 Aug 2023 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45333

Actions (login required)

View Item View Item