Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu

Novrina, Zelvira (2022) Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ZELVIRA_NOVRINA_18029029_5494_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan pendekatan RME di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu. Jenis penelitian ini adalah quasy-experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu Tahun Pelajaran 2021/2022. Kelas eksperimen yaitu X MIPA 6 dan kelas kontrol X MIPA 1 serta subjek deskriptif yaitu X MIPA 6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis kecuali indikator 7. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata diperoleh P-value = 0,000 dimana P-value maka tolak . Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan RME lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Ujung Batu. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:25
Last Modified: 01 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45329

Actions (login required)

View Item View Item