Hidayat, Wahyu
(2023)
Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Permainan
Bola Kecil dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan Siswa Kelas Viii Semester Ganjil MTs N 2 Mukomuko.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan pengamatan dan observasi yang dilakukan peneliti di MTsN 2
Mukomuko, masalah dari penelitian ini adalah pengajar belum memiliki e-modul
permainan bola kecil dan sumber belajar hanya memanfaatkan buku cetak, proses
pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, siswa juga tidak memiliki
buku cetak sebagai bahan belajar di rumah sehingga siswa harus menulis materi
pelajaran satu persatu yang sedemikian banyak hal itu membuat siswa menjadi
bosan dan jenuh selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan e-modul interaktif permainan bola kecil siswa kelas viii serta
mengetahui kelayakan, kemenarikan dan keefektifan penggunaan e-modul
permainan bola kecil dalam pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research
and Development) yang dikembangkan menggunakan model ADDIE (analysis,
design, development, implementation, dan evaluation). Metode penelitian dan
pengembangan ini dilakukan peneliti untuk membuat poduk e-modul serta
melakukan uji validasi kepada para ahli untuk mengetahui kelayakan e-modul yang
bisa dipakai dalam pembelajaran dan sebagai sumber belajar bagi siswa, uji coba
kelompok kecil untuk mengetahui tingkat respon siswa terhadap kemenarikan emodul
permainan bola kecil, dan uji coba lapangan kelompok kecil untuk
mengetahui efektifitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penilaian 1) Penilaian kelayakan dari para ahli diperoleh
rata-rata persentase 87% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan kriteria
“Sangat Layak”. 2) Hasil respon siswa terhadap kemenarikan e-modul permainan
bola kecil diperoleh rata-rat persentase sebesar 85% termasuk dalam kategori
“Sangat Baik”. 3) Penilaian keefektifan penggunaan e-modul permainan bola kecil
pada aspek kognitif didapatkan rata-rata gain score sebesar “0,44%” dan pada
aspek psikomotor didapatkan rata-rata gain score sebesar “0,6%”. Maka dari aspek
kognitif dan aspek psikolmotor masuk kedalam kategori “Sedang” maka dapat
disimpulkan e-modul permainan bola kecil efektif digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |