Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Permainan Bola Kecil dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas Viii Semester Ganjil MTs N 2 Mukomuko

Hidayat, Wahyu (2023) Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Permainan Bola Kecil dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas Viii Semester Ganjil MTs N 2 Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WAHYU_HIDAYAT_18086498_928_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan observasi yang dilakukan peneliti di MTsN 2 Mukomuko, masalah dari penelitian ini adalah pengajar belum memiliki e-modul permainan bola kecil dan sumber belajar hanya memanfaatkan buku cetak, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, siswa juga tidak memiliki buku cetak sebagai bahan belajar di rumah sehingga siswa harus menulis materi pelajaran satu persatu yang sedemikian banyak hal itu membuat siswa menjadi bosan dan jenuh selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif permainan bola kecil siswa kelas viii serta mengetahui kelayakan, kemenarikan dan keefektifan penggunaan e-modul permainan bola kecil dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) yang dikembangkan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Metode penelitian dan pengembangan ini dilakukan peneliti untuk membuat poduk e-modul serta melakukan uji validasi kepada para ahli untuk mengetahui kelayakan e-modul yang bisa dipakai dalam pembelajaran dan sebagai sumber belajar bagi siswa, uji coba kelompok kecil untuk mengetahui tingkat respon siswa terhadap kemenarikan emodul permainan bola kecil, dan uji coba lapangan kelompok kecil untuk mengetahui efektifitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian 1) Penilaian kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata persentase 87% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan kriteria “Sangat Layak”. 2) Hasil respon siswa terhadap kemenarikan e-modul permainan bola kecil diperoleh rata-rat persentase sebesar 85% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. 3) Penilaian keefektifan penggunaan e-modul permainan bola kecil pada aspek kognitif didapatkan rata-rata gain score sebesar “0,44%” dan pada aspek psikomotor didapatkan rata-rata gain score sebesar “0,6%”. Maka dari aspek kognitif dan aspek psikolmotor masuk kedalam kategori “Sedang” maka dapat disimpulkan e-modul permainan bola kecil efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairuddin, KhairuddinUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Dessi NovitaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:19
Last Modified: 01 Aug 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45324

Actions (login required)

View Item View Item