Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Jumps Smash Pada Atlet PB. Binaan Kota Sawahlunto

Pratama, Adam (2021) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Daya Ledak Otot Lengan Terhadap Jumps Smash Pada Atlet PB. Binaan Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ADAM_PRATAMA_16087168_5766.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya prestasi atlet PB Binaan Kota Sawahlunto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan tarhadap kemampuan jump smash atlet PB Binaan Kota Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2021 di Hall Kota Sawahlunto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh atlet PB Binaan Kota Sawahlunto yang berjumlah 15 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang atlet. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan 1) vertical jump test untuk mengukur daya ledak otot tungkai, 2) push up untuk mengukur kekuatan otot lengan, dan 3) jump smash test untuk mengukur kemampuan jump smash. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana atau product moment dan korelasi berganda, kemudian dilanjutkan dengan analisis uji determinasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi sebesar 36,61% terhadap kemampuan jump smash atlet PB Binaan Kota Sawahlunto, 2) Daya ledak otot lengan memberikan kontribusi sebesar 42,56% terhadap kemampuan jump smash atlet PB Binaan Kota Sawahlunto, 3) Daya ledak otot tungkai dan daya ledak otot lengan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 56,12% terhadap kemampuan jump smash atlet PB Binaan Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorSin, Tjung HauwUNSPECIFIED
CorrectorIrawadi, HendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak Otot Tungkai Daya Ledak Otot Lengan Jump Smash Bulutangkis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:19
Last Modified: 31 Jul 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45304

Actions (login required)

View Item View Item