Kontribusi Koordinasi Mata-tangan dan Daya Tahan Otot Lengan terhadap Akurasi Servis Atas pada Atlet Bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar

Krisna, Wahyu (2021) Kontribusi Koordinasi Mata-tangan dan Daya Tahan Otot Lengan terhadap Akurasi Servis Atas pada Atlet Bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WAHYU_KRISNA_16086213_6004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah masih kurangnya akurasi servis atas atlet bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi koordinasi mata tangan, dan dayatahan otot lengan terhadap akurasi servis atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang atlet. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana yang dijadikan sampel yaitu atlet yang berjumlah 15 orang atlet. Instrumen penelitian ini melalui tes lempar tangkap bola tenis ke tembok sasaran untuk koordinasi mata tangan, dayatahan otot lengan menggunakan tes push up dan tes akurasi servis atas. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis korelasi dan korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis menunjukan: 1) Koordinasi mata tangan berkontribusi terhadap akurasi servis atas atlet bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar, dengan kontribusi sebesar 33,39%. 2) Dayatahan otot lengan berkontribusi terhadap akurasi servis atas atlet bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar, dengan kontribusi sebesar 30,81%. 3) Koordinasi mata kaki dan dayatahan otot lengan secara bersama-sama berkontribusi terhadap akurasi servis atas atlet bolavoli SMPN 3 Rambatan Batusangkar, dengan kontribusi sebesar 68,68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
CorrectorSyafruddin, SyafruddinUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Koordinasi Mata-Tangan Dayatahan Otot Lengan Akurasi Servis Atas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:20
Last Modified: 31 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45293

Actions (login required)

View Item View Item