Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Servis Forehand Backspin Mahasiswa Spesialisasi Tenis Meja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Prima, Limpani Perkasa (2023) Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Servis Forehand Backspin Mahasiswa Spesialisasi Tenis Meja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_LIMPANI_PERKASA_PRIMA_18087032_1904_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada mahasiswa spesialisasi tenis meja Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang, bahwa akurasi servis forehand backspin masih lemah. Variabel dalam penelitian ini adalah kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan akurasi servis forehand backspin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar kontribusi kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap akurasi servis forehand backspin mahasiswa spesialisasi FIK UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas memberikan kontribusi terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Kekuatan otot lengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi servis forehand backspin sebesar 27,46%. (2) Koordinasi mata tangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi servis forehand backspin sebesar 34,68%. (3) Kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akurasi servis forehand backspin sebesar 37,09%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizal, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorYenes, RoniUNSPECIFIED
CorrectorHaryanto, JekiUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:54
Last Modified: 31 Jul 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45292

Actions (login required)

View Item View Item