Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Dengan Kemampuan Shooting Pemain Sepakbola SSB PSTS Tabing U-15

Afrilion, Sandio (2022) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Dengan Kemampuan Shooting Pemain Sepakbola SSB PSTS Tabing U-15. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SANDIO_AFRILION_18086260_3606.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah didasarkan hasil observasi penulis pada saat pelaksanaan Turnamen PSTS Tabing Padang Cup 3 dan didapatkan hasil bahwa ada beberapa pemain SSB PSTS Tabing U-15 masih belum optimal dalam melakukan shooting, shooting yang dihasilkan kadang tidak tepat sasaran dan kecepatan bola meluncur ke gawang masih lambat. Kurangnya koordinasi mata kaki menyebabkan shooting tidak tepat sasaran, bahkan menjauhi arah sasaran seperti shooting yang melewati atas mistar gawang dan juga melenceng kearah kesamping gawang. Dan juga masih kurangnya daya ledak otot tungkai dalam melakukan shooting sehingga shooting yang dihasilkan tidak meluncur cepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelas. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola SSB PSTS Tabing U-15 yang berjumlah 16 orang dengan penggunaan teknik Total Sampling yang artinya sampel diambil dari seluruh populasi. Untuk mendapatkan hasil penelitian digunakan tes Standing Broad Jump, tes koordinasi mata kaki, dan tes shooting. Penelitian ini memperoleh data dengan menggunakan analisis Product Moment sederhana dan ganda, dan untuk mengetahui hasil kontribusi digunakan rumus koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai sebesar 44,89%, kontribusi koordinasi mata kaki sebesar 28,09%, dan kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki secara bersamaan terhadap kemampuan Shooting sebesar 46,24% pada pemain sepakbola SSB PSTS Tabing U-15. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan shooting pemain sepakbola SSB PSTS Tabing U-15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnaldi, ArieUNSPECIFIED
CorrectorYulifri, YulifriUNSPECIFIED
CorrectorLawanis, HaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya ledak otot tungkai koordinasi mata kaki shooting
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:14
Last Modified: 31 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45284

Actions (login required)

View Item View Item