Hubungan Status Sosial Ekonomi terhadap Status Gizi Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 27 Olo Kecamatan Padang Barat Kota Padang

Yulanda, Reski (2022) Hubungan Status Sosial Ekonomi terhadap Status Gizi Siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 27 Olo Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RESKI_YULANDA_17086463_1037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah rendah serta bervariasinya status gizi siswa-siswi SD Negeri 27 Olo Kecamatan Padang Barat, Kota padang dilihat dari kondisi fisiknya siswa-siswi disekolah ini memiliki berbagai macam kondisi fisik pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda, ada yang tinggi, pendek, kurus, normal, gemuk bahkan tidak sesuai dengan kategori usianya. Banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut salah satu diantaranya status sosial ekonomi. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Teknik pengambilan data yang dilakukan dengan teknik Purposive sampling, sampel berjumlah sebanyak 22 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes (IMT/U) usia 5-18 tahun untuk mengukur status gizi, sedangkan untuk mengukur status sosial ekonomi digunakan angket. Data dari hasil tes dan pengukuran diolah dengan metode analisis korelasi product moment, yaitu Status Sosial Ekonomi (X) dan variabel terikatnya Status Gizi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) status sosial ekonomi orang tua siswa-siswi SD Negeri 27 Olo berada di kategori sedang 17 orang dengan persentase (77,27), Kategori rendah 3 orang dengan persentase (13,63), kategori tinggi 2 orang dengan persentase (9,09). 2) status gizi siswa-siswi SD Negeri 27 Olo rata-rata dalam kategori gizi baik (normal) sebanyak 22 orang dengan persentase (99,99), dimana secara rinci tidak terdapat satu pun yang memiliki status gizi kategori kurang, lebih, ataupun obesitas. Tidak terdapat korelasi/hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap status gizi, dengan 0,269 < 1,725.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, Sri GustiUNSPECIFIED
CorrectorZarwan, ZarwanUNSPECIFIED
CorrectorEldawaty, EldawatyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Status Gizi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:56
Last Modified: 27 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45262

Actions (login required)

View Item View Item