Pengembangan Modul Pendidikan Kesehatan dalam Peningkatan Perilaku Sehat Lanjut Usia di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat

Mutia, Melza (2023) Pengembangan Modul Pendidikan Kesehatan dalam Peningkatan Perilaku Sehat Lanjut Usia di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_08_MELZA_MUTIA_91697_180_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Lanjut usia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Populasi lanjut usia mengalami peningkatan sehingga jumlah lansia dibandingkan dengan anak balita lebih banyak populasi lansia, peningkatan populasi ini menimbulkan berbagai persoalan dan problematika pada lansia. Problematika yang dihadapi lanjut usia terjadinya penurunan kondisi fisik dan masalah psikologis. Permasalahan kesehatan lanjut usia terdiri dari masalah fisik, mental, rohani keagamaan, sosial dan emosi, sehingga menjadi dasar dari penelitian ini. Lanjut usia mengalami berbagai masalah seperti kurangnya mendapatkan pendidikan, akses pelayanan kesehatan sulit diperoleh, tidak ada jaminan hari tua, dan dukungan sosial dari keluarga atau teman berkurang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan masyarakat adalah melalui kegiatan promosi kesehatan dalam bentuk pendidikan kesehatan lanjut usia. Perilaku sehat adalah perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya mencegah atau menghindari penyakit dan mencegah atau menghindari penyebab datangnya penyakit atau masalah kesehatan (preventif), serta perilaku lanjut usia dalam mengupayakan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan (promotif). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendidikan kesehatan dalam peningkatan perilaku sehat lanjut usia di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan menggunakan model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket analisis kebutuhan dan pendoman wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Validasi modul pendidikan kesehatan dalam peningkatan perilaku sehat lanjut usia ditentukan berdasarkan respon ahli/pakar. Praktikalitas modul pendidikan kesehatan dalam peningkatan perilaku sehat lanjut usia ditentukan berdasarkan respon pakar/ahli terhadap kepraktisan modul ini. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu modul pendidikan kesehatan dalam peningkatan perilaku sehat lanjut usia dengan menghasilkan produk berupa buku modul pendidikan kesehatan dalam peningkatan perilaku sehat lanjut usia yang valid dan praktis untuk digunakan. Temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lanjut usia dalam meningkatkan perilaku sehat lanjut usia di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman MS., Firman MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorKiram, Phil YanuarUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorDarwin, ErwatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PENDIDIKAN KESEHATAN, PERILAKU SEHAT LANJUT USIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:58
Last Modified: 28 Jul 2023 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45261

Actions (login required)

View Item View Item