Pengembangan Model Ko-PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21

Rahmiwati, Sucia (2023) Pengembangan Model Ko-PBL pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_SUCIA_RAHMIWATI_18169023_150_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Abad ke-21 yang terintegrasi dalam Kecakapan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap serta penguasaan TIK dapat dikembangkan melalui: keterampilan berfikir kritis, pemecahan masalah, penguatan pendidikan karakter, literasi, berkomunikasi, berkolaborasi dan berpikir kreatif serta inovatif.Keterampilan ini membutuhkan proses pemecahan masalah secara berkelompok, yang mana peserta didik belajar dari kondisi real dilingkungan dan diajak untuk mampu menyelesaikan masalah yang terjadi. Dengan alasan ini, pembelajaran IPA terpadu tipe shared berbasis etnosains tepat untuk menjawab tantangan Pendidikan abad ke-21. Namun kenyataannya disekolah masih terdapat masalah dalam penerapan pembelajaran model kooperatif learning dan problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared berbasis etnosains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model kooperatif dan model problem based learning yang terdapat pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared berbasis etnosains untuk meningkatkan keterampilan Abad ke-21. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Model pengembangan ADDIE digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran dan sistem pendukungnya. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dan lembar soal. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Kota Pariaman yang telah menerapkan kurikulum 2013 tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan Data kuantitatif diperoleh melalui angket dan lembar tes. Data kualitatif didapatkan melalui observasi, tanggapan beserta saran perbaikan yang diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model pembelajaran 3,73, praktikalitas model menurut guru 0,80 dan praktikalitas model menurut peserta didik 0,92 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan efektivitas model pembelajaran ditentukan dari aktivitas siswa 84 % dengan kategori sangat aktif, keterampilan Abad ke-21 dan aspek pengetahuan <0,05.Data keterlaksanaan pembelajaran dan efektifitas produk diperoleh melalui penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control –group pretes-posttes design. Uji coba dilakukan di SMP N 1, SMP N 2 dan SMP N 4 Sungai Limau. Data validitas, praktikalitas serta aktifitas di analisis menggunakan formula cohen’s kappa dan persentase. Data peningkatan keterampilan Abad ke-21 dan aspek pengetahuan dianalisis dengan uji t test menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis masalah untuk pembelajaran IPA yang disingkat dengan model Ko-PBL. Temuan penelitian menunjukan bahwa model ini dapat menstimulasi peningkatan keterampilan abad ke-21 pada pembelajaran IPA di SMP.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyet, FestiyetUNSPECIFIED
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Copyright holderRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAsizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorImamora, MarjoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL KO-PBL, PEMBELAJARAN IPA TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:57
Last Modified: 28 Jul 2023 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45258

Actions (login required)

View Item View Item