Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Marhamah, Marhamah (2022) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_MARHAMAH_17326009_2398_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Buku Ajar bahasa Inggris yang digunakan selama ini bukan hanya belum memuat budaya Melayu Riau tetapi juga belum sesuai dengan konteks, kebutuhan dan karakteristik siswa kelas empat Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru sehingga perlu untuk dikembangkan. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan buku ajar bahasa Inggris yang terintegrasi Budaya Melayu Riau (BMR). Penelitian ini mengikuti sepuluh langkah penelitian pengembangan model Borg dan Gall yaitu 1) pengumpulan informasi penelitian, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft, 4) uji ahli, 5) revisi uji ahli, 6) uji coba terbatas, 7) revisi hasil uji coba terbatass, 8) uji coba luas, 9) revisi hasil uji coba luas, dan 10) diseminasi atau sosialisasi. Subjek penelitian pengembangan ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Satu dan lima sekolah untuk uji coba terbatas dan luas yang terdiri dari 10 dan 30 orang. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Buku Ajar yang digunakan selama ini belum menonjolkan budaya Melayu Riau. Buku Ajar yang dikembangkan pada penelitian ini meliputi buku petunjuk bagi guru dan buku kerja bagi siswa. Buku Ajar tersebut dinyatakan valid dengan sedikit perbaikan, praktis dan efektif. Hasil praktikalitas ditemukan bahwa siswa mampu mengenal kosa kata yang disajikan pada Buku Ajar yang dikembangkan dan sangat senang dan antusias dalam mempelajari bahasa Inggris. Hasil efektifitas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap penggunaan Buku Ajar yang terintegrasi budaya Melayu Riau berbanding dengan yang tidak menggunakannya. Berdasarkan hasil tersebut dapat simpulkan bahwa Buku Ajar bahasa Inggris terintegrasi budaya Melayu Riau telah dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan oleh siswa di kelas empat SD Swasta Pekanbaru, Riau.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRozimela, YenniUNSPECIFIED
Thesis advisorM Zaim, M ZaimUNSPECIFIED
CorrectorHasanuddin WS, Hasanuddin WSUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorSyarif, HermawatiUNSPECIFIED
CorrectorJufrizal, JufrizalUNSPECIFIED
CorrectorAdanan, Mahdum MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUKU AJAR BAHASA INGGRIS, BUDAYA MELAYU RIAU
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Keguruan Bahasa-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:55
Last Modified: 27 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45255

Actions (login required)

View Item View Item