Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Dada Atlet Renang Women’s SC dan Golden Black SC Kota Padang

Hermadi, Evan (2023) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Dada Atlet Renang Women’s SC dan Golden Black SC Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_EVAN_HERMADI_18087073_2338_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kurangya kecepatan renang atlet renang Women’s SC dan Golden Black SC hal tersebut diduga karena lemahnya daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai atlet renang Women’s SC dan Golden Black SC sehingga menyebabkan kecepatan renang menurun terutama pada renang gaya dada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi daya ledak otot lengan dan kontribusi daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada atlet renang Women’s SC dan Golden Black SC kota padang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 klub renang yang terdaftar di PRSI kota Padang, sementara itu untuk sampel yang diambil merupakan atlet prestasi yang terdiri dari 17 orang Putra dan 8 orang Putri berjumlah total 25 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data untuk mengukur daya ledak otot lengan melalui Tes Two Hand Medicine Ball Put, untuk daya ledak otot tungkai melalui tes Standing Broad Jump, dan untuk kemampuan kecepatan renang dilakukan melalui tes renang 100 meter gaya dada. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,5. Untuk mencari kontribusi menggunakan rumus r 2 x 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, terdapat kontribusi antara daya ledak otot lengan terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada atlet Women’s SC dan Golden Black SC kota padang sebesar 35,3733%. Kedua, terdapat kontribusi antara daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada atlet Women’s SC dan Golden Black SC kota padang sebesar 34,6427%. Ketiga, terdapat kontribusi antara daya ledak otot lengan dan daya ledak otot tungkai secara bersama- sama terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada atlet Women’s SC dan Golden Black SC kota padang sebesar 39,6056%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFardi, AdnanUNSPECIFIED
CorrectorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorHaryanto, JekiUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:32
Last Modified: 27 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45245

Actions (login required)

View Item View Item