Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terintegrasi Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah

Laili, Maidil (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terintegrasi Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_MAIDIL_LAILI_18169015_3238_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penghapusan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar berdasarkan kurikulum 2013 dalam Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 dan revisi kurikulum Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang penghapusan pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar menyebabkan pembelajaran bahasa Inggris mulai terabaikan dan hilang dari permukaan. Inggris (Maili,2018; Nisa, 2020, Rintaningrum, 2015; Kosassy, 2017; Kalstum, 2017; Sahiruddin. 2013; Hartin, 2017; Rahayu, 2017; Aini, 2020; Alfarisy, 2021; Larasati, 2022). Pembelajaran bahasa Inggris melalui pembelajaran tematik terpadu pada sekolah dasar kelas rendah dimulai dengan pengenalan kosakata/ vocabulary yang materinya disesuaikan dan dipadukan dalam kurikulum pembelajaran tematik terpadu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik model pembelajaran tematik terintegrasi bahasa Inggris yang valid dan relevan, praktis dan efektif bagi siswa SD kelas rendah, Penelitian pengembangan model pembelajaran ini menggunakan model Plomp (2013) dengan tahapan a) Penelitian Pendahuluan, b) Tahap Prototype, c) Tahap Penilaian Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran tematik terintegrasi bahasa Inggris yang valid dengan nilai 0,77 kriteria valid dan memiliki karakteristik kesesuaian kompetetensi dasar model pembelajaran dengan kompetensi kurikulum 2013. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran tematik terintegrasi bahasa Inggris yang praktis dengan nilai 3,09 kriteria praktis dan memiliki karakteristik penerapan dan implementasi yang mudah dilaksanakan oleh guru dan siswa serta model pembelajaran tematik terintegrasi bahasa Inggris menghasilkan model yang efektif dengan nilai sig 0,31<0,05 yang berarti model ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan memiliki karakteristik pembelajaran yang menyenangkan, mudah dan sederhana. Kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran tematik terintegrasi bahasa Inggris menjadi model alternatif untukmeningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar kelas rendah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Thesis advisorRefinaldi, RefinaldiUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorRatminingsih, Ni MadeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:15
Last Modified: 27 Jul 2023 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45244

Actions (login required)

View Item View Item