Penerapan Tari Persembahan Beras Kunyit dalam Ekstrakurikuler Sebagai Upaya Pelestarian Tari Tradisional di MTsN Sarolangun

Putri, Okta Piana (2023) Penerapan Tari Persembahan Beras Kunyit dalam Ekstrakurikuler Sebagai Upaya Pelestarian Tari Tradisional di MTsN Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_OKTA_PIANA_PUTRI_18332041_349_2023.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tentang penerapan tari Persembahan Beras Kunyit dalam ekstrakurikuler sebagai upaya pelestarian tari tradisional di MTs N Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitiannya adalah Tari Persembahan Beras Kunyit Dalam Ekstrakurikuler di MTs N Sarolangun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan persembahan beras kunyit diterapkan melalui 4 tahap yaitu (1) langkah-langkah penerapan, (2) perencanaan penerapan, (3) pelaksanaan penerapan, dan (4) evaluasi. Proses pelaksanaan latihan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Evaluasi yang telah dilakukan siswa telah menguasai keterampilan menarikan tari tradisional Persembahan Beras Kunyit dengan baik. Dengan demikian, tari ini telah dikuasai oleh siswa MTsN Sarolangun, berarti tari ini sudah bisa dilestarikan dan tercapailah hasil penerapan ini sebagai upaya pelestarian tari tradisional yang ada di Sarolangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:34
Last Modified: 27 Jul 2023 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45243

Actions (login required)

View Item View Item