Nurpadila, Nurpadila
(2023)
Implementasi Program Literasi Baca Tulis Peserta Didik di SDN 01 Lansat Kadap Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penulisan makalah ini membahas tentang Implementasi program baca tulis peserta didik di SDN 01 Lansat Kadap Kabupaten Pasaman dan mengetahui hasil serta faktor yang mendukung, dan faktor yang menghambat terlaksananya program. Tujuan makalah penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Impelmentasi Program Literasi Baca Tulis Peserta Didik di SDN 01 Lansat Kadap Kabupaten Pasaman. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan mendatangi langsung lokasi, mengamati, dokumentasi dan wawancara dengan siswa, guru, oaring tua dan kepala sekolah di SDN 01 Lansat Kadap mengenai penerapan program literasi baca tulis di sekolah.
Hasil yang diperoleh dalam penulisan makalah tugas akhir ini sebagai berikut. Pertama, kondisi berbagai upaya dilakukan pihak sekolah dalam pelaksanaan program literasi yang diwujudkan dalam berbagai program penunjang program literasi seperti, program 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, pojok literasi, kunjungan ke perpustakaan, dan mading (majalah dinding). Kedua, Kegiatan literasi di SDN 01 Lansat Kadap belum dapat dikatakan sebagai kebiasaan yang membudaya, akan tetapi sudah termasuk dalam upaya yang menumbuhkan budaya literasi. Meskipun sudah terdapat upaya lain berupa pengembangan dan pembelajaran literasi dalam setiap mata pelajaran sebagai tahap lanjutan dari pelaksanaan program literasi baca tulis yang dilakukan oleh guru, belumlah dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.
Actions (login required)
|
View Item |