Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah Kabupaten Pasaman Barat

Nst, Fajar (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Fajar_Nst_18087153_585_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kedisiplin siswa. Siswa sering melakukan perbuatan atau tindakan tidak sesuai dengan yang di harapkan. Dimana terdapatnya siswa tidak patuh atau taat terhadap peraturan sekolah serta siswa yang berprilaku kurang baik. Misalnya siswa sering datang terlambat sekolah, keluar saat jam pelajaran (cabut), tidak menaati perintah guru, berkelahi dengan sesama temannya di sekolah. Tujuan penelitianiniadalahMendeskripsikan proses kegiatanekstrakurikulerpencaksilatdalammembentukkarakterdisiplinsiswa di SMP ITRuqiyahSyariyahBuyaRonahKabupatenPasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Informan dalam penelitian adalah pelatih ekstrakurikulerpencaksilat dan siswayangmengikutikegiatanekstrakurikuler pencak silat. Teknik pengumpulandatanya menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpulberupa kata-kata yang dianalisisdengancara di reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian ini adalahmenunjukkanbahwasanyakegiatan ekstrakurikuler pencak silatdi SMP IT Ruqiyah Syariyah Buya Ronah di Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu kegiatan yang dapat membentukkarakterdisiplinsiswa. Proses kegiatanekstrakurikulerpencaksilatdalampembentukankarakterdisiplinsiswa di SMP IT RuqiyahSyariyahBuyaRonahsebagaibentuk salah satuimplementasikarakterdisiplinkepadasiswa yang dilakukandengancaramengikutikegiatanlatihanrutinsesuai yang telah di jadwalkanmelaluibeberapa proses, tahapanlatihan dan pendalamanmateri. Dalam kegiatanekstrakurikulerpencaksilatterdapatnilai-nilai yang membentukkarakterdisiplinsiswa di SMP IT RuqiyahSyariyahBuyaRonahKabupatenPasaman Barat yang menunjukkanadanyanilaitakwa dan tangon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwandi, JohnUNSPECIFIED
CorrectorSuwirman, SuwirmanUNSPECIFIED
CorrectorPadli, PadliUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:58
Last Modified: 26 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45238

Actions (login required)

View Item View Item