Perilaku Pro-Lingkungan Berbasis Pendekatan Self Control pada Sekolah Adiwiyata

Suryani, Irda (2023) Perilaku Pro-Lingkungan Berbasis Pendekatan Self Control pada Sekolah Adiwiyata. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_03_IRDA_SURYANI_19327001_1980_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tercapainya tujuan program pendidikan lingkungan melalui Program Sekolah Adiwiyata, yang sekarang dilanjutkan dengan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Untuk itu penelitian ini memiliki tiga tujuan yakni; pertama, Menganalisis dan mendeskripsikan perilaku pro-lingkungan berbasis pendekatan self-control pada sekolah adiwiyata. Kedua, Mengembangkan Buku Intervensi perilaku pro-lingkungan berbasis pendekatan self-control pada sekolah adiwiyata. Ketiga, Menganalisis dan mendeskripsikan validitas dan partikalitas Model perilaku pro-lingkungan berbasis pendekatan self-control pada sekolah adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahapan analysis dilakukan analisis perilaku pro lingkungan warga sekolah SMAN 2 Lintau Buo dan dan studi literatur. Pada tahapan desain dilakukan mendesain model yang dikemas dalam buku intervensi perilaku pro lingkungan berbasis pendekatan self control pada Sekolah Adiwiyata. Selanjutnya tahap Development dilakukan penyusunan prototipe buku model, validasi dan FGD bersama ahli dan praktisi. Kemudian tahap implementation dilakukan sosialisasi, pembentukan tim kader sekolah adiwiyata, perancangan kegiatan pro lingkungan berbasis pendekatan dan pelaksanaan kegiatan oleh tim kader. Tahapan terakhir evaluation. tahapan ini dilakukan kepraktisan model dengan uji praktikalitas. Penelitian pengembangan ini menghasilkan Model perilaku pro lingkungan berbasis pendekatan self control pada Sekolah Adiwiyata yang dikemas dalam sebuah buku intervensi perilaku pro lingkungan berbasis pendekatan self control. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji validitas menunjukan bahwa produk hasil penelitian memiliki tingkat validilitas yang valid. Selanjutnya produk juga dinilai memenuhi unsur praktikalitas dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian produk pengembangan ini dapat membantu sekolah dalam membangun habituasi perilaku pro lingkungan berbasis self control pada sekolah adiwiyata.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
Thesis advisorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorMuchtar, BustariUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorAmali, ZainuddinUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSabri, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU PRO-LINGKUNGAN, PENDEKATAN SELF CONTROL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:19
Last Modified: 26 Jul 2023 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45233

Actions (login required)

View Item View Item